Jumat, 07 Oktober 2011

[DB] > Basis Data Protein


Protein Data Bank (PDB; http://www.rscb.org/pdb/) merupakan kumpulan arsip tunggal mengenai data struktural makromolekul biologi dari seluruh dunia. PDB didirikan oleh Brookhaven International Laboratories (BIL) pada tahun 1971. Penentuan struktur molekul protein yang terdapat pada berkas PDB diperoleh dengan menggunakan data eksperimen. Data eksperimen ini berasal dari kristalografi sinar-x atau spektroskopi Nuclear Magnetic Resonance (NMR). Kemudian dilakukan proses dengan program komputer untuk membuat model molekul yang paling sesuai dengan data eksperimen.

Protein Data Bank (PDB) merupakan tempat penampungan data struktur 3D dari protein dan asam nukleat. Data ini diperoleh dari kristalografi sinar-X atau spektroskopi NMR yang dikerjakan oleh ilmuwan biologi dan biokimia dari seluruh dunia. Situs PDB dapat diakses pada alamat http://www.pdb.org/. Situs ini dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia secara gratis. Data-data yang terdapat dalam situs ini dikelola oleh sebuah organisasi yaitu wwPDB (Worldwide Protein Data Bank ). wwPDB terdiri atas organisassi-organisasi yang bekerja sebagai pusat pengumpulan, pemrosesan data, dan distribusi data di PDB.
Salah satu anggota wwPDB adalah Research Collaboratory for Structural Biology Protein Data Bank (RSCB PDB), merupakan sebuah portal informasi yang menyediakan berbagai macam aplikasi dan sumber untuk mempelajari struktur molekuler biologi serta hubungan dengan sekuen, fungsi dan penyakit. wwPDB bekerja dengan memelihara dan menjamin arsip tunggal Protein Data Bank yang berupa data struktur makromolekuler yang ada di sumber-sumber internasional, serta menyediakan secara terbuka dan dapat bebas diakses oleh masyarakat dunia.